Saloka Park, Info Kumpulan Wahana Seru Hingga Tiket Masuk

Sedang merencanakan liburan akhir pekan atau pulang kampung ke Semarang? Jangan sampai luput mampir berwisata ke Saloka Park. Sebuah taman rekreasi seluas 12 hektare yang tak kalah komplit dari taman wisata Dufan di Jakarta.

Taman ini membentang di kawasan Tuntang, Kabupaten Semarang, tepatnya di jalan besar lintas Semarang-Salatiga. Mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi, maupun transportasi umum lanjutan dari Trans Semarang. Aplikasi navigasi digital pun mengenali baik spot wisata ini, sehingga tidak akan sulit tiba di tujuan.

Wahana Menarik di Saloka Park

saloka park semarang

Berbeda dari kebanyakan taman rekreasi, taman ini membedakan wahana berdasarkan tema. Dilansir website resmi, pengunjung bisa menikmati pengalaman berwisata dan bermain dalam 5 tema zona taman. Kelimanya adalah zona Pesisir, Balalantara, Kamayayi, Ararya, dan Segara Prada.

Tema yang beragam menawarkan variasi wahana seru yang sangat cocok untuk segala usia. Anak-anak tentunya bisa merasakan permainan sesuai dengan tinggi badannya. Begitu juga dengan Anda yang ingin melepas penat, taman ini menjanjikan suasana menyenangkan.

Zona Pesisir Seperti di Pantai

Anda tidak akan menyangka taman ini mampu menyuguhkan nuansa pesisir meski bukan berlokasi di daerah pantai. Zona pesisir dipenuhi berbagai spot dan wahana yang mengingatkan Anda dengan suasana menyegarkan.

  1. Kapal Jenju

Suasana pantai dan laut semakin terasa dengan Kapal Jenju di tengah area bermain. Kapal berdesain megah dan menarik tepat sekali menjadi pilihan spot foto bersama keluarga.

  1. Arena Jejogedan

Pada malam-malam weekend dan liburan, area ini menampilkan Baru Klinthing Show, yaitu seni atraksi air didukung lighting cantik dan iringan musik. Untuk menontonnya, pastikan tambah durasi wisata di Saloka Park hingga malam hari, ya.

  1. Cakrawala

Rekreasi belum lengkap jika belum naik bianglala. Nikmati lansekap alami dari barisan pegunungan di Jawa Tengah dan Rawa Pening yang menenangkan mata.

  1. Lumbung Galileo

Wahana edukasi ini membantu anak-anak mengeksplor sains dan sejarah. Pameran replika jadi sorotan utama yang menunjang pengalaman belajar lebih nyata.

Zona Balalantara Seolah di Hutan Belantara

Balalantara mengusung konsep bermain di tengah hutan bernuansa hijau dan asri. Dengan tema seperti ini, wahana yang ditawarkan akan mengajak Anda dan keluarga menikmati indahnya taman dan hewan, seperti :

  1. Angon Ingon

Tempat ini memamerkan rupa-rupa hewan jinak, seperti unggas, kelinci, kura-kura, dan masih banyak lagi. Coba juga interaksi dengan hewan dan abadikan momen bersama.

  1. Kumbang Layang

Kumbang layang adalah pilihan terbaik untuk berkeliling. Pihak Saloka mengklaim wahana ini menjadi favorit wisatawan, karena hamparan pemandangan hijau sepanjang rute.

  1. Safari Bocah

Anda pun bisa memilih Safari Bocah untuk berkeliling santai menggunakan kereta gandeng. Sepanjang perjalanan, pengunjung dimanjakan pemandangan taman bunga yang apik.

  1. Jamur Apung

Saatnya coba perahu Jamur Apung untuk mengitari taman lewat sungai kecil. Satu unit perahu mampu menampung orang dewasa dan anak-anak, jadi cocok sekali dinikmati bersama keluarga.

  1. Adu Nyali

Adu Nyali merupakan Rumah Hantu versi Saloka Park. Dari tampak luar saja jelas bagaimana seram dan mencekamnya wahana ini siap menyambut pengunjung.

Zona Kamayayi Area Bermain Anak

Ini dia zona yang paling si kecil suka. Kamayayi akan mengalihkan perhatian anak-anak melalui sederet wahana mengundang tawa. Anda pun bisa menemaninya bermain sambil mempererat bonding orang tua-anak lewat permainan-permainan seru.

  1. Kupu-Kupu

Kupu-kupu memberikan wisatawan pengalaman terbang dari kayuhan pedal. Semakin dikayuh, gondola semakin melayang tinggi.

  1. Polah Bocah

Polah Bocah merupakan area mandi bola lengkap dengan berbagai permainan lainnya. Sangat pas untuk melatih motorik anak dan bersosialisasi bersama pengunjung lain seusianya.

  1. Teka-Teko

Berputar-putar di dalam cangkir raksasa maish jadi hiburan yang tetap seru. Tak salah jika memasukkan wahana ini dalam list permainan bersama keluarga atupun teman.

  1. Tata Titi

Tata Titi adalah wahana sempurna untuk mengenalkan anak pada rambu lalu lintas. Di sini pengunjung bisa memandu anak mengendarai mobil mini menyusuri area permainan.

  1. Pinguin

Mengadopsi suasana kutub utara, pengunjung akan diajak ke area bersalju lewat jalur sungai sambil naik perahu anjing laut.

  1. Semprat Semprot

Siap sedia pakaian ganti, karena Anda akan bermain air! Setelah duduk di wahana, pengunjung harus menembakkan air ke pengunjung lain sampai waktu permainan selesai.

  1. Komidi Kuda Laut

Komidi putar bisa Anda temukan di Komidi Kuda Laut. Permainan ini termasuk wahana favorit anak-anak untuk naik patung kuda dan berputar-putar menikmati semilir angin.

Zona Araraya yang Menantang Nyali

Ada sekian wahana ekstrem yang siap memuaskan nyali. Karena itulah, untuk menaiki seluruh permainannya, pastikan telah berusia remaja atau dewasa tanpa riwayat penyakit khusus.

  1. Paku Bumi

Paku Bumi boleh jadi merupakan wahana paling ekstrem. Pengunjung akan dibawa lompat naik berkecepatan tinggi lalu dijatuhkan dan terus berulang sampai waktu permainan habis.

  1. Obat Abit

Konsep permainan ini mirip seperti Ontang Anting, yang memberikan pengalaman naik ayunan raksasa. Sensasi seru diayun cepat dari ketinggian pastinya tak terelakkan.

  1. Lika Liku

Inilah roller coster yang Anda cari. Lika liku akan membawa pengunjung meluncur dari berbagai level ketinggian yang siap memacu adrenalin.

  1. Bengak Bengok

Sesuai namanya, pengunjung dibuat berteriak histeris karena gerakan wahana yang menengangkan. Pengunjung akan terus berputar sekaligus maju mundur dari ketinggian.

  1. Senggal Senggol

Seperti Bom Bom Car, Senggal Senggol termasuk permainan mengendarai miniatur mobil. Balapan dan saling senggol tentunya jadi daya tarik utama wahana yang satu ini.

Zona Segara Prada

Masuk ke zona ini artinya siap untuk berbasah-basahan, karena spot utama Segara Prada adalah arung jeram. Wahana akan membawa pengunjung melaju di sungai yang cukup deras via perahu khusus untuk medan terjal.

Harga Tiket Saloka Park

saloka park jawa tengah

Tertarik menjadikan taman rekreasi ini destinasi selanjutnya? Waktunya pesan tiket via online melalui website resmi ataupun Tiket Goers. Tiket juga bisa Anda beli secara langsung di loket.

Untuk tarifnya, Saloka Park menggunakan sistem tiket perorangan, rombongan, dan membership yang rinciannya seperti berikut:

Perorangan

Weekday: Rp99.600

Weekend: Rp124.500

Libur Nasional: Rp150.000

Rombongan (minimal 25 orang)

Weekday: Rp96.000

Weekend dan libur nasional: Rp120.000

Membership (masa berlaku 6 bulan)

Per orang: Rp250.000

Jam Operasional Saloka Park

saloka park harga tiket

Perhatikan juga jam operasional taman ini, sebagai berikut:

Weekday: 10.00 – 18.00 WIB

Weekend: 10.00 – 19.00 WIB

Khusus Jumat: 12.00 – 19.00 WIB

Nah, menarik sekali bukan? Dengan tarif masuk tersebut, Anda bersama keluarga, ataupun teman sudah bisa merasakan seluruh wahana dan fasilitas pendukung. Bonus pemandangan alam yang cantik, Saloka Park bisa menjadi salah satu opsi terbaik untuk menyegarkan diri.