candi gedong songo semarang

Sejarah dan Daya Tarik Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah candi tertinggi di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah. Dengan ketinggian mencapai 1.200 mdpl, candi ini telah berhasil menarik perhatian banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Kombinasi pemandangan kaki Gunung Ungaran dengan keindahan arsitektur candi yang unik menciptakan panorama yang sangat memukau. Udara dingin dan sejuk di sekitar lokasi ini juga menjadi daya tarik tersendiri, dengan suhu mencapai 19 derajat celcius.

Kawasan luasnya memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan setiap bangunan candi yang tersebar di beberapa tempat. Masing-masing tempat memiliki pemandangan dan pesona yang berbeda-beda sehingga akan membuat pengunjung tidak merasa bosan.

Selain itu, jarak antara komplek candi tidak terlalu jauh, hanya sekitar 200 sampai 300 meter. Jalan setapak yang rapi menghubungkan setiap komplek candi, sehingga berlibur di sini terasa seperti piknik di atas gunung.

Jangan lewatkan pengalaman berkesan di Candi Gedong Songo, tempat yang memukau dan sarat dengan sejarah. Dengan menikmati keindahan candi dan panorama kaki Gunung Ungaran, pastinya akan menjadi momen liburan yang tak terlupakan.

Sejarah Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Hindu Kuno pada masa Wangsa Syailendra yang terletak di Bandungan. Sejarah mencatat bahwa candi ini telah berdiri sejak abad ke-7 hingga ke-9 Masehi.

Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1740 oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Namun pada saat itu, bangunan candi yang ditemukan hanya berjumlah 7 saja.

Baru pada tahun 1908, arkeolog asal Belanda bernama Van Stein Callenfels menemukan 2 bangunan candi lainnya. Sehingga, kesembilan bangunan candi yang ditemukan kemudian dinamakan Gedong Songo yang artinya sembilan bangunan dalam bahasa Jawa.

Lokasi ini dahulu digunakan sebagai tempat pemujaan para raja kepada Dewa-Dewa Hindu. Bukti dari penggunaan ini dapat dilihat dari patung-patung Dewa Siwa Mahaguru, Ganesha, dan Siwa Mahakala yang terdapat di dalam candi.

Selain sejarahnya yang kaya, Candi Gedong Songo juga memiliki keindahan yang memukau. Terletak di ketinggian 1.200 mdpl, candi ini menawarkan panorama kaki Gunung Ungaran yang sangat menakjubkan. Anda dapat merasakan udara dingin dan sejuk di sekitar kawasan Candi Gedong Songo dengan suhu mencapai 19 derajat celcius.

Luasnya kawasan tempat ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi setiap bangunan candi yang terpisah-pisah di beberapa tempat. Masing-masing bangunan candi memiliki keindahan dan pesona yang berbeda-beda sehingga Anda tidak akan merasa bosan.

Candi Gedong Songo – Harga Tiket Masuk dan Informasi Lengkap

Candi Gedong Songo, situs purbakala yang berasal dari Kerajaan Mataram Hindu Kuno pada masa Wangsa Syailendra, adalah salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Semarang. Selain keindahan alamnya, candi ini juga menawarkan pengalaman berlibur yang tidak terlupakan bagi para wisatawan.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Tarif tiket masuk ini hanya berkisar antara Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 saja. Namun, tarif ini tentu berbeda antara turis asing dan turis lokal yang akan berkunjung.

Harga tiket masuk ini belum termasuk biaya untuk beberapa fasilitas dan wahana tertentu, serta untuk waktu tertentu yang mungkin memerlukan biaya tiket lebih mahal. Harga tiket yang tercantum di atas tabel dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola tempat wisata. Sebaiknya Anda memeriksa daftar harga yang terbaru sebelum berkunjung ke Candi Gedong Songo.

Namun, biaya yang harus Anda keluarkan sepadan dengan pengalaman berlibur menyenangkan dan keindahan alam yang akan Anda nikmati di Candi Gedong Songo. Selain itu juga menawarkan pemandangan yang sangat indah, terutama pada waktu pagi dan sore hari.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya di Semarang, manfaatkan saja paket family gathering Semarang yang tersedia di banyak agen perjalanan. Dengan begitu, liburan Anda bisa semakin hemat dan pastinya semua hal sudah tersedia dengan lengkap dan sempurna.

Baca Juga: Tradisi Popokan, Perang Lumpur di Desa Sendang yang Sarat Makna dan Syukur

Rute Mudah Menuju Candi Gedong Songo Semarang

Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Dusun Darum, Krajan, Candi, Bandungan, Semarang. Terletak di kaki Gunung Ungaran, lokasi ini mudah dijangkau dari Semarang ataupun Jogja Solo.

Jika Anda berasal dari Kota Semarang, waktu tempuh menuju Candi Gedong Songo sekitar 70 menit bila kondisi lalu lintas lancar. Sebagian besar wisatawan biasanya membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena sedikitnya angkutan umum yang menuju ke sana.

Salah satu opsi transportasi populer di Semarang adalah rental hiace Semarang murah. Dengan kapasitas besar dan fasilitas yang nyaman, kendaraan ini sangat cocok untuk berkeliling Semarang dan sekitarnya.

Jam Buka Candi Gedong Songo

Kawasan ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Anda bisa mengunjungi candi ini kapan saja. Namun, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat musim kemarau pada pagi atau sore hari. Saat musim kemarau, Anda dapat menikmati pemandangan yang jelas tanpa terganggu oleh kabut atau hujan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Gedong Songo saat berada di Semarang. Kunjungan Anda akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Daya Tarik Wisata Candi Gedong Songo

Selain sebagai objek wisata sejarah, Candi Gedong Songo juga menawarkan berbagai kegiatan dan wahana menarik yang dapat dicoba oleh para wisatawan. Berikut beberapa kegiatan dan wahana yang dapat Anda temukan disini.

Menikmati Pemandian Air Hangat

Di dalam kawasan Candi Gedong Songo, tepatnya di persimpangan Candi IV dan Candi V, terdapat pemandian air panas yang sangat diminati oleh para wisatawan. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi populer karena dapat membantu menghangatkan tubuh di udara dingin kawasan Candi.

Air panas di pemandian ini terkenal dengan kandungan belerangnya yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan kepulan asap yang keluar dari tanah dan menjadi sumber mata air di pemandian ini.

Pemandian ini memiliki sebuah kolam besar dan beberapa kolam kecil yang terpisah di ruangan tersendiri. Jika ingin bersantai tanpa terganggu pengunjung lain, Anda bisa memilih ruangan pemandian yang lebih privat.

Pesona Wisata Taman Ayanaz

Candi Gedong Songo bukan hanya menawarkan wisata sejarah, tapi juga menawarkan beragam wahana dan aktivitas menarik yang bisa Anda coba. Taman Ayanaz  merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi para pecinta fotografi.

Anda bisa menemukan berbagai spot foto unik dan instagramable di taman ini. Salah satunya adalah spot balon udara, di mana Anda bisa terlihat seperti melayang di atas gunung. Selain itu, terdapat juga Bubble Tent, kolam air, dan banyak spot foto lainnya yang bisa Anda nikmati.

Terdapat sekitar 35 spot berfoto yang bisa Anda pilih di kawasan Taman Ayanaz ini. Karena keunikan dan keindahan tempat ini, tidak heran bila tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama dari Semarang dan sekitarnya.

Vanaprastha Gedong Songo

Selain Taman Ayanaz, ada juga Vanaprastha yang merupakan area hutan di sekitar Candi Gedong Songo yang dimanfaatkan sebagai destinasi wisata fotogenic. Di sini, Anda bisa menikmati suasana segar dan asri, dengan pemandangan pegunungan Ungaran yang indah.

Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang hutan pinus, atau duduk santai di hammock sambil menikmati keindahan alam sekitar. Lokasi Vanaprastha berada di sekitar Candi II dan Candi III, yang merupakan candi paling populer di Gedong Songo.

Tak hanya sebagai destinasi wisata fotogenic, Vanaprastha juga menyediakan villa dan fasilitas outbound yang bisa Anda manfaatkan bersama rombongan.

Camping Ground

Candi Gedong Songo menjadi tempat yang populer bagi para pendaki yang ingin mencapai puncak Gunung Ungaran. Selain jalur pendakian yang indah, pemandangan di sepanjang jalan juga menjadi daya tarik utama dari tempat ini.

Tidak sedikit para pendaki yang memilih untuk berkemah di kawasan ini untuk menikmati keindahan panorama yang memukau. Suasana malam hari yang tenang dan penuh bintang selalu menjadi momen yang paling dinanti oleh para wisatawan.

Di sini, Anda dapat menemukan lahan perkemahan yang luas untuk melakukan kegiatan camping. Selain belajar tentang sejarah, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa dari Sang Pencipta.

Menunggang Kuda

Lokasi ini bukan hanya menawarkan keindahan arsitektur yang memukau, namun juga panorama alam yang indah. Untuk memudahkan wisatawan dalam menjelajahi komplek candi yang luas, pengelola dan warga sekitar menyediakan kuda tunggangan yang siap mengantar.

Anda bisa menikmati perjalanan sambil menikmati keindahan alam sekitar dan juga belajar tentang sejarah dari pemandu yang akan menemani perjalanan Anda. Dengan menunggang kuda, Anda akan merasakan sensasi petualangan yang berbeda dan tak terlupakan.

Tidak perlu khawatir tentang keamanan perjalanan, karena selalu ada pemandu yang akan menuntun kuda dan menjaga laju kuda. Menunggang kuda juga cocok untuk Anda yang tidak ingin lelah berkeliling komplek Candi ini yang luas. Jangan lupa untuk memasukkan aktivitas menunggang kuda di Candi Gedong Songo ke dalam daftar rencana perjalanan Anda ya.