brt trans semarang

Trans Semarang: Rute, Tarif, Jam Operasional, dan Tiket

Trans Semarang, juga dikenal sebagai BRT Trans Semarang, adalah sistem transportasi angkutan massal berbasis jalan yang mengoperasikan layanannya di Kota Semarang dan sebagian Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dengan tujuan utama untuk mengurangi kemacetan di Kota Semarang serta memfasilitasi perjalanan para pengguna menuju pusat kota dan destinasi wisata, Trans Semarang telah menjadi pilihan transportasi yang populer di wilayah tersebut.

Salah satu perbedaan utama Trans Semarang dibandingkan dengan layanan bus kota lainnya adalah penggunaan armada berpintu tinggi. Hal ini memungkinkan pengguna jasa untuk naik dan turun di halte khusus (kecuali pada layanan pengumpan). Dalam pengoperasiannya, BRT ini dikelola oleh Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang, yang merupakan bagian dari Dinas Perhubungan Kota Semarang dan memiliki tanggung jawab dalam berbagai aspek, termasuk perekrutan tenaga kerja yang tidak termasuk kondektur (kecuali dalam pengoperasian koridor bandara malam), seperti petugas tiket armada, petugas persiapan armada, petugas operasional, petugas timer, dan pengawas angkutan.

Cara Pembayaran Tiket Trans Semarang

Harga tiket bus bervariasi, yaitu:

  • Rp 4.000 untuk transaksi tunai
  • Rp 3.500 untuk transaksi non tunai
  • Untuk tarif pelajar, mahasiswa, lansia, veteran, dan disabilitas, harga tiket sebesar Rp 1.000.

Untuk mendapatkan harga tiket tersebut, Anda perlu menunjukkan kartu pelajar atau menggunakan seragam, kartu mahasiswa, atau KTP untuk lansia minimal berusia 60 tahun.

Tiketnya dapat dibeli baik secara tunai maupun non tunai. Jika Anda ingin membeli tiket secara tunai, Anda dapat melakukannya di halte (jika ada petugas) atau di dalam armada. Sedangkan untuk pembelian tiket secara non tunai, Anda dapat menggunakan gopay, ovo, astrapray, link aja, shopepay, dan e-card.

Jam Operasional

Pelayanan Trans Semarang memiliki waktu operasional yang berbeda di setiap terminal. Berikut adalah jadwal pelayanan keberangkatan Trans Semarang:

  • Senin hingga Sabtu: mulai pukul 05.30 WIB
  • Minggu atau hari libur nasional: mulai pukul 05.45 WIB

Jadwal pelayanan keberangkatan ini berlaku untuk semua terminal.

Selain itu, Trans Semarang juga memiliki jadwal pelayanan akhir yang berbeda-beda di setiap terminal.

Berikut adalah jadwal pelayanan akhir di beberapa terminal Trans Semarang:

  1. Terminal Penggaron: pukul 17.50 WIB
  2. Terminal Mangkang: pukul 17.45 WIB
  3. Terminal Terboyo: pukul 18.50 WIB
  4. Terminal Sisemut: pukul 17.48 WIB
  5. Terminal Cangkiran: pukul 17.40 WIB
  6. Terminal Tawang: pukul 18.15 WIB
  7. Pelabuhan A: pukul 17.32 WIB
  8. Pelabuhan B: pukul 17.45 WIB
  9. PRPP: pukul 17.50 WIB
  10. Meteseh: pukul 17.40 WIB
  11. UNDIP: pukul 17.46 WIB
  12. UNNES: pukul 17.45 WIB
  13. Genuk: pukul 17.50 WIB
  14. Akhir pelayanan transit poin Jalan Pemuda (shelter balaikota): pukul 18.30 WIB

Rute dan Koridor Trans Semarang

Saat ini, terdapat delapan koridor utama, satu koridor khusus, dan empat koridor feeder / pengumpan. Berikut adalah daftar koridor Trans Semarang beserta rutenya:

  1. Koridor 1: Terminal Mangkang – Terminal Penggaron
  2. Koridor 2: Terboyo – Terminal Sisemut Ungaran
  3. Koridor 3A dan 3B: Pelabuhan Tanjung Emas – Elizabeth
  4. Koridor 4: Terminal Cangkiran – Stasiun Tawang via Ngaliyan
  5. Koridor 5: Meteseh – Bandara – Marina
  6. Koridor 6: Undip Tembalang – Unnes Sekaran
  7. Koridor 7: Terboyo – Pemuda Balaikota Semarang via Genuk
  8. Koridor 8: Terminal Cangkiran – Simpang Lima via Gunungpati
  9. Selain koridor-koridor utama tersebut, juga terdapat layanan koridor malam yang melayani rute Bandara–Simpang Lima dan Terminal Mangkang-Simpang Lima, serta beberapa koridor pengumpan.

Seiring perjalanan waktu, moda transportasi publik ini menjadi salah satu solusi transportasi sukses di Semarang, sehingga Pemerintah Kota Semarang terus berupaya meningkatkan kualitas layanannya dan berencana untuk memperluas jaringan transportasi publik ini dengan menambah jumlah koridor dan memperbaiki infrastruktur yang terkait. Hal ini bertujuan untuk memberikan layanan transportasi yang lebih baik dan dapat diandalkan bagi penduduk Semarang serta wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Kesimpulan

Trans Semarang, dengan sistem BRT yang efisien, telah menjadi solusi transportasi unggulan di Kota Semarang. Layanan ini menawarkan kenyamanan, keandalan, dan efisiensi dalam perjalanan di wilayah tersebut. Dengan berbagai koridor yang menghubungkan berbagai tujuan, layanan BRT ini menjadi pilihan yang tepat bagi warga Semarang dan wisatawan untuk menikmati perjalanan yang nyaman dan efektif di kota ini. Dukungan pemerintah dalam pengembangan transportasi publikn menjanjikan masa depan yang cerah untuk transportasi massal di Kota Semarang.