Lima Skill yang Harus Dimiliki Digital Marketer

Teknologi dengan cepat mengubah industri pemasaran, termasuk skill yang harus dimiliki digital marketer.

Emarketer melaporkan bahwa pengeluaran digital advertising US mengalami peningkatan 3.1% ditahun 2020, sementara di UK pengeluaran digital advertising meningkat hingga 8.4% dibanding tahun 2019

Seiring pula dengan terjadinya pandemi Covid19, peningkatan pengeluaran ini membuktikan bahwa digital marketing sudah menjadi salah satu fokus marketing zaman sekarang.

Ini berarti bahwa digital marketing masih merupakan pilihan karier yang memiliki masa depan cerah, dan jika Anda memiliki serangkaian keterampilan yang tepat, Anda dapat menjadi salah satu profesional bisnis yang paling banyak diminati di dunia.

Tapi ingat, seiring dengan lajunya teknologi mengubah industri, jenis pekerjaan yang harus diselesaikan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia digital marketing pun terus berubah.

Hal ini sangat terasa bila anda berjuang untuk tetap berada di barisan teratas, ataupun bila Anda ingin membentuk skill spesialis pemasaran digital Anda.

Mari kita telusuri lima skill pemasaran digital yang harus anda kuasai di tahun 2021.

Psikologi Digital

Pahami perilaku psikologis konsumen di platform anda

Manusia itu rumit dalam perannya sebagai makhluk emosional. Faktanya, 95% keputusan pembelian kita dan dibuat secara tidak sadar.


Jadi, kemampuan untuk memaksa dan membujuk pikiran bawah sadar melalui titik sentuh online sangat bermanfaat bagi pemasar digital.


Dan inilah yang benar-benar dapat dilakukan dengan pemahaman yang kuat tentang psikologi digital.

Psikologi digital, atau yang juga kadang disebut sebagai Psikologi web, merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang perilaku online pengguna melalui kacamata psikologi dan perilaku ekonomi. Psikologi digital akan menjelaskan mengapa konsumen melakukan perilaku tertentu terhadap suatu kasus yang terjadi online. Beberapa praktisi psikologi digital menerapkan pelajaran yang didapat dari social science, untuk meningkatkan pengeluaran dan retensi konsumen di website.

Bidang yang relatif baru ini menggabungkan psikologi dan perilaku pengguna internet dengan fokus pada apa yang persepsi pelanggan terhadap berita dan produk terbaru brand, entah itu respon yang positif menerima informasi ataupun justru mengabaikan informasi.

Pahami nilai utama yang ada di pikiran audiens anda

Analogi yang cocok digunakan adalah bagaimana seorang pemancing ikan yang berusaha mendapatkan tangkapan di sebuah sungai.

Sungai ini merepresentasikan teknologi. Selalu berubah, selalu mengalir, dan akan meninggalkan mereka yang tak bisa mengikutinya.

Sang pemancing ini menempatkan jebakan ikan, pancing, jala di sepanjang badan sungai itu, untuk memperoleh tangkapan sebanyak-banyaknya.

Itulah yang dimaksud dengan psikologi digital.

Customer Experience (CX)

Customer experience, atau disingkat CX, merupakan persepsi holistik konsumen anda mengenai pengalaman mereka terhadap brand anda.

Merupakan rangkuman dari pengalaman konsumen terhadap brand

CX merupakan hasil dari keseluruhan interaksi yang dilakukan oleh konsumen anda terhadap bisnis anda. Segala sesuatu yang anda lakukan, mulai dari proses komunikasi pengenalan brand, komunikasi yang anda lakukan kepada konsumen, pengalaman pembelian, pengalaman saat mengkonsumsi produk dan layanan anda, hingga layanan after sales.

Ini semua akan mempengaruhi persepsi konsumen anda dan membuat kesimpulan terhadap anda, dan memberikan keputusan untuk kembali lagi untuk menikmati pengalaman brand anda, atau tidak.
Pengalaman konsumen saat menikmati brand anda, merupakan kunci kesuksesan pemasaran digital anda, dan menjadi skill yang harus dimiliki digital marketer.


Ini karena CX yang baik akan memberikan hasil:

  • Meningkatkan loyalitas konsumen
  • Meningkatkan kepuasan konsumen
  • Membuat brand anda menjadi viral karena pemasaran dari mulut ke mulut.
Ketika pasar menjadi semakin jenuh dan pilihan konsumen menjadi lebih berlimpah, CX akan menjadi kunci pembeda brand Anda dalam persaingan.
Pada masa akses informasi menjadi lebih mudah, konsumen akan bersedia membayar lebih untuk mendapatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan konsumen akan berpaling untuk mulai berbisnis dengan pesaing setelah pengalaman pelanggan yang buruk.
 
Pemasar di era digital perlu mengalihkan fokus mereka dari sekedar menjual produk ke keseluruhan pengalaman brand terhadap produk, dan memastikan bahwa pengalaman tersebut berkesan baik di setiap titik kontak.
 

cx dan ux : serupa tapi tak sama

CX terdengar sangat mirip dengan UX, bukan?

Bila UX berfokus pada pengalaman pengguna dengan produk, layanan, atau alat tertentu, CX mengambil pandangan holistik dari semua interaksi yang terjadi antara pengguna dengan suatu brand. Artinya, setiap area bisnis Anda akan memengaruhi pengalaman pelanggan. dari iklan online, perwakilan penjualan, pemasok, pengiriman, layanan pelanggan, dan banyak lagi.

 
CX yang baik akan dimulai dari cara anda melakukan perkenalan brand baik dari website ataupun iklan, gaya bahasa dan desain visual ketika anda menjual produk, UI shopping cart, kemasan fisik produk dan value produk yang diterima konsumen, hingga layanan customer service dan layanan after sales lain yang anda berikan kepada konsumen.
 
Jadi, mendapatkan pemahaman yang kuat tentang pemasaran pengalaman pelanggan sangat penting untuk tetap berada di puncak permainan pemasaran digital Anda.
Pengalaman pelanggan Anda harus sekonsisten, menyenangkan, dan sekecil mungkin, di setiap tahap perjalanan pembeli, dan juga harus sangat dipersonalisasi.
 
Pengalaman pelanggan yang hebat akan mendorong mesin pertumbuhan Anda karena membantu meningkatkan loyalitas pelanggan, repeat order, promosi dari mulut ke mulut, dan bukti sosial yang positif.

Front-End Code

Digital marketer modern harus menguasai setidaknya dasar programming front-end sebagai salah satu skill yang harus dimiliki digital marketer modern.

Contoh sederhananya  adalah ;

  1. Bagaimana instal satu code tracker di link campaign anda,
  2. Bagaimana melakukan efisiensi plugin,
  3. Ataupun optimasi css untuk membuat satu laman promosi menjadi lebih responsif.

Terkadang memang seorang digital marketer didampingi oleh programmer atau staf IT, namun tidak semua digital marketer memiliki kemewahan seperti ini. Sebagian besar digital marketer berjalan sendiri dan anda harus memiliki pemahaman mendasar tentang efek, optimasi, dan instalasi code front-end, untuk hasil analitik yang lebih optimal.

Developer itu sering sibuk

Bahkan bagi mereka yang didampingi oleh staf programmer pun terkadang harus menunggu lama untuk bisa mendapatkan modifikasi layout landing page yang mereka inginkan, karena tim development biasanya memang sibuk.

Disinilah pentingnya skill ini, untuk mempersingkat waktu dan bisa menjadikan layout sesuai dengan keinginan dan kebutuhan marketing.

Ini merupakan skill yang memberikan nilai tambah dalam resume digital marketing anda, karena ini berarti anda akan lebih mandiri dan cepat dalam bekerja dalam proyek diital yang sedang berjalan.

Bila anda sudah menguasai setidaknya dasar dari front-end coding, anda akan mampu membuat proyek sesuai dengan sudut pandang relatif kebutuhan marketing digital proyek tersebut, seperti membuat landing page spesifik, memiliki pemahaman lebih baik mengenai bagaimana tracking code dan piksel bekerja.

Dan itu semua dapat anda lakukan tanpa didikte oleh template dan theme, bebas merdeka melakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan marketing proyek tersebut.

 Video marketing

Pemasaran video dengan cepat menjadi format pemasaran konten yang paling kuat, dan sudah mulai menjadi salah satu skill yang harus dimiliki digital marketer di era digital.


Menurut HubSpot, 87% bisnis sekarang menggunakan video untuk pemasaran.
Sementara Social Media Today menemukan bahwa 90% konsumen mengklaim bahwa video akan membantu mereka membuat keputusan pembelian.

Pembuatan video penting bagi usaha anda

Agar pemasaran digital anda tetap berada di puncak, Anda benar-benar harus mendapatkan pemahaman yang kuat tentang cara memanfaatkan video dan menerapkan strategi pemasaran maupun branding video yang solid.

Pemasaran video sangat bagus untuk hal-hal seperti meningkatkan keterlibatan sosial, emosi dan rasa kepemilikan pengguna, membangun otoritas dan kepemimpinan pemikiran, meningkatkan SEO, serta mengubah dan meningkatkan penjualan.

Untuk mengoptimalkan proses branding anda, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dalam fokus proses pembuatan video brand anda;

1. Pusatkan video anda di cerita, bukan pada penjualan.
Konsentrasikan video anda pada value yang bisa diberikan video anda kepada penonton anda, berikan sesuatu yang berguna bagi penonton anda, dan penjualan akan datang dengan sendirinya.

Giring emosi dan perhatian penonton anda untuk menonton video anda sampai selesai. Tak usah takut kehilangan kesempatan menjual, anda selalu bisa menempatkan CTA yang relevan di seputar konten video anda.

2. Rileks, jangan kaku!
Dikutip dari Tim Washer, Senior Social Media dari Cisco; “Di dunia korporat, orang selalu menolak komedi dengan mengatakan bahwa komedi tidak memiliki tempat di dunia korporat. Namun bila komedi bisa menyampaikan pesan anda secara efisien dan ekonomis, kenapa anda tidak mencobanya?”
Marketing menggunakan video berbeda dengan marketing menggunakan artikel, anda harus lebih fleksibel dalam tehnik komunikasi anda.

3. Edukasi konsumen anda
Bingung apa yang harus anda bicarakan? Kenapa tidak mengedukasi pembeli anda dengan cara optimal menggunakan produk anda, tips yang berguna bagi mereka, dan hal relevan yang terkait dengan layanan yang mereka berikan kepada mereka? Pengguna anda akan sangat terbantu dengan topik yang menurut anda sederhana, karena tiap hari anda geluti.

Banyak hal yang menurut anda biasa saja namun orang lain menganggapnya luar biasa

65% audiens adalah pembelajar visual, sehingga salah satu media yang berpengaruh adalah dengan menggunakan video.

Banyak hal yang menurut anda biasa saja namun sebenarnya menarik bagi orang lain. Bila anda hanya berpikir bahwa anda sekedar mengerti perbedaan jahitan pada tas branded, anda akan kaget bila anda tahu bahwa ada orang yang tertarik terhadap penjelasan kualitas jahitan tas branded, ciri khas jahitan pada tas branded, hingga perbedaan kualitas jahitan tas branded merk tertentu.

Seiring waktu berjalan, audiens anda akan terpesona pada kedalaman pengetahuan anda mengenai kualitas tas branded, mereka akan mengingat anda saat mereka memerlukan tas branded, dan akan langsung merujuk pendapat anda sebelum melakukan pembelian.

Analisa Digital

Dimasa dimana marketing beralih menjadi digital, data merupakan elemen vital dalam menentukan keberhasilan aktivitas digital marketing anda, sehingga kemampuan membaca data pun sudah mulai menjadi salah satu skill yang harus dimiliki digital marketer.

Analisa digital adalah analisa data kualitatif dan kuantitatif bisnis anda maupun kompetitor anda, yang bisa menjadi sumber peningkatan pengalaman brand yang dirasakan konsumen anda secara berkelanjutan.

Data merupakan elemen vital dalam menentukan keberhasilan aktivitas digital marketing anda

Kita sudah membahas mengenai dasar perilaku konsumen dan pentingnya psikologi digital untuk menanganinya, dan melalui analisa digital, anda akan mencari cara untuk mempertajam kepekaan respon anda kepada perilaku konsumen.

Analisa digital akan mampu membuat keputusan anda menjadi lebih efisien, dan keputusan yang diambil berdasar data akan membantu menganalisa perilaku yang akan dilakukan oleh konsumen anda.

Analisa digital bisa membantu anda untuk melihat titik sentuh konsumen paling efektif dan efisien, dan mengukur kekuatan internal dan eksternal anda dari situ. Belajarlah mengolah data Analitik, karena data tersebut bisa membawa anda jauh kedepan.

Mikro momen penting bagi calon pembeli dalam mengambil keputusan

Strategi pertumbuhan apa pun yang Anda terapkan bisa gagal jika faktor-faktor diatas bukanlah bagian utamanya.

Ditengah berbagai varian website dan aplikasi kompetitor, terkadang hati, keputusan, dan profit dihasilkan dalam mikro momen.

Apa itu mikro momen?

Mikro momen terjadi ketika pengguna secara reflek berpaling kepada gadget mereka ketika ingin mencari informasi tentang suatu topik, mencari informasi mengenai cara melakukan sesuatu, ataupun ulasan mengenai satu produk.

Mikro momen merupakan momen kritis yang akan memberikan keputusan kepada pengguna apakah akan lanjut ataukah tidak dalam menggunakan produk tersebut.

Satu studi yang dilakukan Google memberikan hasil sebagai berikut:

1. 69% dari mereka yang ingin piknik mengambil keputusan tujuan piknik mereka diwaktu luang

Seperti ketika mengantre atau menunggu. Lebih dari setengah mengambil keputusan tujuan berdasar referensi konten internet, atau teman dan kolega mereka. 

83% keputusan dari teman atau kolega atau konten ini adalah media sosial, dan hanya 61% dari referensi mesin pencari. Justru malah media spesifik seperti website review travel hanya memberikan 42% informasi yang berujung pada pengambilan keputusan.

2. 82% Pengguna smartphone mencari review produk di smartphone mereka sebelum mengambil keputusan untuk membeli. 

1 dari 10 pelaku berujung pada membeli produk yang berbeda dari produk yang direncanakan.

Brand yang sukses adalah mereka yang memiliki strategi menyeluruh mengenai memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen di momen-mikro ini.

Dan begitulah, lima skill yang harus dimiliki digital marketer untuk menjadi digital marketer yang handal di tahun 2021.

Jangan lupa untuk menghubungi kami bila anda membutuhkan bantuan dalam proses branding anda. Kami akan siap membantu proses branding perusahaan anda.

Comments are closed.